10/1/17

Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal

Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal
Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal - Para pengguna sistem operasi Linux Ubuntu, mungkin pernah mengalami masalah Ubuntu yang tidak mau booting. Penyebabnya adalah hilangnya GRUB pada Ubuntu, GRUB adalah merupakan file booting di sistem operasi Linux. Dalam Windows sendiri biasa disebut MBR. Rusaknya GRUB biasanya disebabkan karena proses booting dan shutdown yang tidak sempurna, virus, terhapus sengaja, atau tertimpa MBR ketika memperbaiki Windows.

Baca Juga


Disini kami akan membahas serta berbagi solusi untuk mengatasi GRUB yang hilang karena tertimpa MBR Windows. Pertama silahkan siapkan CD installer Ubuntu atau Flashdisk Bootable yang telah dibuat sebelumnya. Untuk versi penggunaan ubuntu bisa menyesuaikan dengan ubuntu yang sama versinya atau diatasnya.

Bagaimana Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal.

Silahkan masuk pada bios perangkat komputer untuk mengatur First Boot komputer menjadi installer Ubuntu. Ada beberapa pilihan Lalu pilih Try Ubuntu, Hal ini dimaksudkan Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi ulang ubuntu. Kemudian setelah berhasil masuk ke desktop utama Ubuntu, buka terminal. Apabila menggunakan desktop environment Gnome atau Unity, dengan lebih cepat kita dapat menekan Ctrl + Alt + T secara bersamaan.

Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal

Kemudian ketik sudo su, untuk bisa masuk sebagai superuser dalam komputer Anda. Kemudian tekan enter, dalam penggunaan super user ditujukan mendapatkan seluruh akses pada sistem operasi yang kita miliki.
Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal

Apbila Anda menggunakan ubuntu versi terbaru Anda bisa menggunakan GParted ataupun dengan mengetik perintah  fdisk –l, Keduanya pada dasarnya merupakan tools yang sama, tetapi berbeda formatnya saja Antara GUI dan command line. Pada bagian tutorial ini kami menggunakan fdisk -l, umumnya partisi yang telah terinstal sistem operasi linux sistemnya adalah linux. Partisi yang telah terinstal ubuntu ada di partisi /dev/sda2
Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal

Apabila sudah menemukan partisi tempat installasi linux, silahkan Anda melakukan mount partisi tersebut dengan mengetikan mount /dev/sda2 /mnt pada terminal.
Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal

Ketika perintah mount /dev/sda2 /mnt pada terminal berhasil maka tidak akan ada pesan yang akan ditampilkan, setelah itu install grub di partisi yang telah termount tadi dengan mengetik grub-install –root-directory /mnt /dev/sda.
Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal

Jika ingin mengetahui hasilnya, ketik update-grub untuk mengupdate list grub Anda agar terdapat dua pilihan sistem operasi saat komputer pertama kali dinyalakan. Untuk mencobanya silahkan reboot komputer Anda, dan atur First Bootnya pada pilihan Harddisk.

Kita juga bisa mengetik perintah yang terdapat di linux tanpa mengetikan sudo su terlebih dahulu, akan tetapi disetiap perintah itu kita harus menambahkan awalan sudo, misal sudo mount/dev/sda /mnt/ dan seterusnya. Memakai sistem operasi Linux memang memberikan kesan yang lebih rumit dibandingkan dengan sistem operasi Windows karena kebanyakan perintahnya menggunakan console. Disamping itu memakai Linux juga memberikan kenyamanan tersendiri karena sistem operasi ini jarang terkena virus.


Demikian tentang Cara Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Melalui Terminal, semoga bermanfaat jangn lupa untuk meninggalkan komentar kritik serta sarannya kami tunggu untuk dapat berkembang lagi website kami, sekian dan terima kasih.
Load disqus comments

0 komentar